Selasa, 05 Januari 2010

Tertawa itu Sehat

Amsal 17: 22
17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang
Tertawa mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Suatu penelitian menyebutkan bahwa suara tawa dapat membuat tubuh kita lebih kebal dari penyakit hingga 40%. Tertawa membuat tubuh kita menjadi lebih aktif menghadang infeksi dan kuman. Tertawa juga mempermudah pernafasan. Udara yang kotor akan lebih mudah keluar saat kita tertawa untuk digantikan dengan udara segar yang dibutuhkan tubuh.
Salomo menjelaskan bahwa hati yang gembira adalah obat dan namun keputusasaan akan mengeringkan ‘tulang’ jasmani maupun rohani dari seseorang. Ia mau melihat kebahagiaan terpancar dari wajah orang di sekitarnya. Semua orang membutuhkan tawa sebagai salah satu cara berelaksasi dari kepenatan sehari-hari, sehingga kita terhindar dari stress yang mendalam.
Tertawa itu menyehatkan. Bukan hanya bagi tubuh jasmani kita, namun juga bagi hati. Hati yang gembira akan meningkatkan semangat. Semangat bekerja, mengabdi, berkarya bagi Tuhan dan sesama. Kemampuan untuk tertawa, terlebih menertawakan diri sendiri, termasuk salah satu tanda kedewasaan. Di satu sisi, tertawa memperlihatkan tertawa memperlihatkan kesadaran dan penerimaan; bahwa kita ini adalah makhluk berdosa yang adakalanya bertindah ceroboh; di sisi lain tertawa menyiratkan pengakuan bahwa hanya dengan pertolongan Allah kita bisa mengatasi kebodohan tersebut. Sudahkan anda tertawa hari ini?

Tawa sukacita datangnya dari hati yang gembira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar